Jumat, 18 Maret 2011

STUDI KASUS


A. Subyek yang mengalami masalah : PRG.IX0126
B. Gambaran Ringkas masalah :
Nilai prestasi akademis menurun drastis, aktivis ekstrakurikuler Pramuka dan menjadi Dewan Penggalang, absensi kurang baik, pengendalian diri dan emosi kurang baik, motivasi belajar kurang, tidak patuh pada orangtua, sering datang terlambat, kadang meningkalkan jam pelejaran, berasal dari keluarga relative mampu namun dalam kondisi terancam "bubar".

C. Proses Kegiatan :
1. Kegiatan Analisis
a) Hasil analisis raport menunjukkan di kelas IX peserta didik : PRG.IX0126 nilai semester genap menurun drastis dan tergolong dibawah rata-rata; naik kelas dengan hasil yang pas-pasan dengan standar ketuntasan minimal dan tiga mata pelajaran di bawah standar ketuntatasan minimal, yaitu ; matematika, bahaha Inggris, dan IPA

b) Berdasarkan hasil catatan anekdot :
1. Sering terlambat, datang ke sekolah
2. Sering tidak masuk sekolah alasan sakit
3. Sering meninggalkan jam-jam pelajaran tertentu
4. Lebih memilih kegiatan ektrakurikuler
5. Perhatian terhadap pelajaran kurang
6. Pakaian serangam sering tidak rapi

c) Berdasarkan informasi wali kelas/guru :
1. Sering menunjukkan sikap cemas / takut
2. Akhir – akhir ini cenderung emosional
3. Pernah bertengkar dengan teman
4. Tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik
download disini
d) Berdasarkan informasi teman sebangku, sering melamun dan mengeluh mengenai keluarganya

e) Hasil wawancara :
1. Adanya keluhan dengan keluarga
2. Ada gejala bingung, orientasi hidup menurun
3. Kurang motivasi
4. Sering sulit mengendalikan emosi

f) Hasil angket: masalah-masalah yang dirasakan ;
1. Usia PRG.IX0126 : 14 tahun
2. Ayah dan ibu adalah pekerja yang sibuk
3. Waktu kerja ayah dan ibu "oglangan" ( tidak sama waktunya )
4. Anak pertama

g) Hasil sosiometri, tidak termasuk peserta didik yang terisolir ( hubungan sosial cukup baik)


h) Hasil kunjungan rumah :
1. Ayah dan ibu sedang dalam kondisi mis-komunikasi
2. Ibu kandung meninggalkan rumah, kembali ke orang tua
3. Keaktivan ke sekolah setiap hari berangkat


i) Hasil daftar pengungkapan masalah :
1. Merasa lelah dan tidak bersemangat
2. Keinginan rekreasi keluarga sering gagal terlaksana
3. Sukar menerima kekalahan
4. Pernah melanggar ketentuan
5. Khawatir tak dapat berdiri sendiri
6. Sering datang terlambat
7. Cenderung temperamental


2. Langkah sintesis
Dari hasil analisis masalah yang dirasakan peserta didik ;
a) Keadaan keluarga sedang kurang harmonis
b) Waktu bersama keluarga ( orang tua ) semakin hilang
c) Emosi yang belum stabil
d) Cenderung bersikap tempera mental
e) Motivasi belajar kurang
f) Khawatir dengan masa depan

3. Langkah diagnosis
Secara umum bahwa peserta didik / klien mengalalami gangguan emosianal berupa turunnya motivasi belajar

4. Langkah prognosis
Alternatif tindakan yang dilakukan :
Melaksanakan konseling dengan pendekatan rasional emotif

5. Langkah pemberian bantuan
a) Konseling pertama:
1. Konselor menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi klien berkaitan dengan kondisi keluarganya yang tidak rasional.
2. Konselor mencoba menunjukkan bagaimana klien membentuk sikap dan nilai-nilai yang tidak logis menjadi rasional.
3. Konselor mencoba berusaha mendorong, membujuk, menyakinkan dan mengendalikan klien agar menerima gagasan yang rasional


b) Konseling kedua:
1. Konselor berupaya menyadarkan klien dari gangguan emosional
2. Konselor mengajak klien mengubah cara berfikir yang tidak rasional
3. Konselor membantu klien untuk memahami gagasan dan pemikiran yang mengarah kepada proses pencerahan pengembangan diri klien


c) Konseling ketiga:
1. Konselor mengajak klien untuk mengembangkan pandangan realistik, sehingga klien terhindar dari pikiran, sikap dan perilaku yang tidak rasional.


D. Rencana penilaian dan Tindak lanjut :
1. Mengamati antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan di sekolah dan di kelas
2. Bekerjasama dengan wali kelas dan guru-guru mata pelajaran dalam mengamati perkembangan emosi peserta didik di luar kelas



Catatan Khusus : Ayah dan ibu terancam bercerai





Mengetahui
Kepala Sekolah,



Drs. Narada, M.Pd.
NIP. 19601102 198803 1 007 Parung,
Konselor / Guru Pembimbing



Drs. Pandu Dewanata
NIP. 19740101 200510 1 234









SATUAN LAYANAN
PELAYANAN KONSELING


A. Topik permasalahan / bahasan : Prestasi Belajar Menurun

B. Bidang bimbingan : Pribadi

C. Jenis Layanan : Layanan Konseling Individual

D. Fungsi Layanan : Pengentasan dan Pengembangan

E. Tujuan Layanan/ hasil yang : Siswa memahami pentingnya belajar
Ingin dicapai : - siswa bisa menjalankan belajar yang efektif
: - siswa mampu mengatasi hambatan belajar

F. Sasaran Layanan : Siswa kelas IX

G. Uraian kegiatan dan materi layanan : Pemberian Layanan Konseling ( terlampir )

H. Metode : Konseling Individual

I. Tempat penyelenggaraan : Ruang BK

J. Waktu / tanggal : Sabtu, 31 Oktober 2009
.
K. Penyelenggara layanan : Guru Pembimbing

L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranannya
masing-masing :
1. Wali kelas : Sumber data dan observer tindak lanjut
2. Teman sekelas : sumber data
3. Orang Tua / Wali : sumber data

M. Alat-alat perlengkapan yang digunakan : himpunan data

N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan :
Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
Tindak lanjut : Monitoring perubahan sikap / perilaku dan prestasi klien

O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan / kegiatan pendukung
Aplikasi instrumentasi, home visit dan penyelenggaraan himpunan data

P. Catatan : masalah telah terentasakan, laporan layanan telah
diadministrasikan sebagai dokumen.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Drs. Narada, M.Pd.
NIP. 19601102 198803 1 007 Parung,
Konselor / Guru Pembimbing



Drs. Pandu Dewanata
NIP. 19740101 200510 1 234


Lampiran : Rekaman Konseling

Rekaman Konseling 2
Identitas Klien : Sembadra (PRG.IX0126 )
Pendekatan : Client Centered
Pelaksanaan : Senin, 26 Oktober 2009
Tempat : Ruang BK
Proses Konseling
TAHAP NO PERNYATAAN KONSELOR / KLIEN TEKNIK
Tahap pembukaan 1. Klien: ...Siang pak … !

Konselor: Siang…silahkan...duduk.. Sembadra yang tadi malam sms ke bapak ya .?

Klien : Iya Pak......

Konselor : Oke ....senang sekali akhirnya bisa bertemu denganmu... Acceptance
2. Klien : Makasih pak......

Konselor : Gimana..hari ini...sudah dihadapi dengan senyuman...? Rapport
3. Klien : Wah saya dimana-mana selalu tersenyum pak.....kan saya Smiler Girl...! (berlagak PD)

Konselor : Huaduh.... ternyata hari ni saya bertemu calon presenter....tapi syukurlah..indah dunia ni kalo semua gadis kayak Sembadra..” Acceptance
Rapport
4. Klien : tapi siang ni ada yang mau saya sampaikan sama bapak....

Konselor : Wah....jadi agak nervous ni bapak..da seorang smiler girl mau nyampaikan sesuatu ...emang apa yang mau disampaikan...? terus kenapa mesti saya...? Rapport
Eksplorasi perasaan

Identifikasi masalah


Analisa 5 Klien : karena saya yakin Bapak bisa menerima apa yang saya sampaikan,dan yang utama bapakkan guru sepuh disini... jadi kalau saya mengutarakan hal pribadi pasti tidak akan terbocorkan di sekolah ini.

Konselor : Baik ... terima kasih...telah memberi kepercayaan buat bapak....
Oke sekarang kita mulai........?, silahkan..”!
Attending
Open question



6 Klien : Sekarang saya sedang dapat neraka dunia pak”

Konselor : Waowww....neraka dunia...? banyak orang tidak menginginkan hal itu..”bagaimana bentuk nerakanya...? Reflection of feeling.

Eksplorasi pengalaman
7 Klien : Saya di rumah tidak pernah seperti dulu lagi, dulu saya sangat bahagia ada di rumah...sementara di sekolah juga tidak nyaman dan sulit untuk melupakan berbagai kejadian di rumah...”

Konselor : Oh....gitu...berarti ada yang berubah di dalam kehidupan Sembadra...?dan itu dari sisi keluarga ?

Klien : Iya pak....tapi....saya bingung mencari solusi pemecahan masalahnya.

Konselor:: Oke searang coba ceritakan apa yang melatar belakangi hadirnya neraka dunia itu..

Reflection of feeling.







Open question

8 Klien : Orang tua saya mau bercerai pak....(sontak menangis..dan tidak bisa melanjutan pembicaraan)

Konselor : (Diam lama..menanti..ketenangan emosional klien...)
....Bapak Ibu mau bercerai...bagaimana Sembadra tau dan yakin hal itu...






Leading
9 Klien : Mereka sudah berulang kali. Mengutarakan hal itu sama saya pak...” saya sudah diminta..untuk memilih mau ikut siapa....

Konselor : terus...?!

Klien : saya tidak memilih siapapun...saya ingin hidup sendiri saja...kalo sama bapak, jelas saya akan punya ibu tiri, kalo sama ibu...ibu aja kayak gitu ( menangis)...”

Konselor : Oh...gitu...resah ya...soal masa depan nanti...? dan bingung sekarang apa yang mesti diperbuat...? kok tau jelas bakalan punya ibu tiri..”




Leading
Open question




10 Klien : Iya pak....awalnya dulu kami bahagia pak...sejak adik lahir...kemudian mencari mbak buat ngasuh adik..karena bapak dan ibu kerja..mbak itu kayaknya yang ngganggu bapak....kan sering bapak masuk kerja sif malam, saya sekolah dan ibu kerja...jadi Cuma dirumah sama mbak itu....kayaknya lama-kelamaan mereka tidak benar....akhirnya suatu hari ibu mergoki mereka....dan sejak saat itu dikit demi sedikit....bapak ibu makin tidak rukun..

Konselor : ( Menarik napas panjang ...sikap empati...) Aduh ... sedih dan menyakitkan buatmu ya..? terus kondisi selanjutnya...” Reflection of feeling.

Paraphrasing
11 Klien : Ibu pergi dari rumah sejak dua bulan yang lalu...karena sudah kesal dengan kelakuan bapak...setiap saya main ketempat ibu..selalu diambil paksa oleh bapak....

Konselor : Jadi selama ini Sembadra sering mondar mandir dan semua dengan keadaan terpaksa..?

Leading
Open question

12 Klien : Iya pak…pernah simbah dari ibu datang kerumah… dan bicara baik-baik sama bapak…dan memang kesepakatannya akan bercerai…..dan sekarang saja mbak itu sudah tidak di rumah…karena saya sering mengamuk…tiap bapak memperlakukan special pada mbak itu dibanding saya….

Konselor : Lho terus.....yang ngrawat adik..? ” dan berarti mbak itu sudah pergi dong..?


Supporting


Open question

13. Klien : tidak pak….malah bapak mencarikan kos khusus buat dia..dan dicarikan pekerjaan …adik ikut mbah…kalo malem bapak pulang kerja baru diambil….”

Konselor : Ya ampun…..menurutmu bapak malah tambah menjadi-jadi ya… ….?


Focusing
14. Klien : iya pak…saya tidak mengira dan menyangka bapak akan begitu …megorbankan seluruh kebahagian kami cuma demi mbake itu…..

Konselor : Aduh... Sembadra …kamu tergolong anak yang kuat menghadapi konflik..

Klien: makasih pak…” tapi lama kelamaan saya tidak kuat juga…!

Konselor : Terus kondisi sekarang sudah sampai taraf mana…?
Supporting
Reflection of feeling.





Open question

15. Klien: ...(menangis ...............)

Konselor : Oke tahan dulu....lepasin tangismu....memang semua yang Allah berikan...diluar perkiraan kita.

Klien : ..Iya pak.........(menangis agak reda...)

Konselor : Oke...mari kita teruskan..! gimana kondisi terakhir keluarga saat ini.... Sembadra..?



Supporting(Pendukung)
Reflection of feeling.
(Cerminan/Pemantulan merasakan.)

16. Klien : tiap malam saya cuma menangis dan menangis...tiap bapak membelikan makan tidak pernah saya makan.. saya lempar keluar kamar terus saya kunci….

Konselor : aduh….berarti tidak pernah makan malam…dan tiap malam dilalui dengan sendirian di kamar menangis meratapi yang terjadi…membayangkna masa dulu waktu masih kumpul…dan terbayang masa depan …kemungkinan Sembadra akan terkatung-katung sendirian..?




Restatement (Uraian baru)
Paraphrasing
(Nafsirkan)
17. Klien: Iya pak...sekarang saya kurus…tidak sepert dulu.. belajar dirumah tidak pernah bisa…di sekolah saya selalu iri sama teman-teman yang banyak cerita betapa rukunnya orang tua mereka…saya pernah mau bunuh diri….tapi masih diingetkan sama Allah jadi tidak jadi….

Konselor : Astaghfirullah…..jangan sebegitunya..! Allah memberi cobaan pada hambanya…sesuai kemampuannya…dan dibalik duka ada hikmah yang mungkin dapat terambil pelajaran…jangan lakukan lagi ya…:

Klien : ...Iya pak..tapi terkadang saya meras mentok..”

Konselor : Iya Bapaktau...”jadi sekarang belajarpun jadi kacau...
Leading
Focusing
18. Klien : kacau..pak ..sangat kacau….kemarin waktu Semesteran ini…saya empat mata pelajaran yang remidi….padahal seumur-umur dari SMP tidak pernah saya mengenal remidi..

Konselor : Wow…berarti sangat melorot ya…itu semua karena beban dihati dan pikiran yang berat ya..”?



Leading




Sintesis 19. Klien : Iya pak...saya tidak pernah masuk diotak kalo membaca atau belajar di rumah…sikap bapak semakin hari semakin tidak saying sama saya tapi saya pergi dan ketempat ibu tidak boleh..”

Konselor : kok…mengtakan makin tidak sayang…dengan dasar apa..”
Clarification (Klarifikasi)
Open question
(Pertanyaan terbuka)
20. Klien : akhir-akhir ni sudah sering marah-marang sama saya….pernah saya dilempar..tusuk penggorengan dan kena lengan saya…karen saya protes atas keadaan keluarga saat ini,…tiap saya bilang “ sekarang lebih sayang sama mbake itu daripada sama aku..” dia jawab “ kalo bapak rak sayang nopo kowe iseh tak openi dan tak ragati sekolah”..terus saya hanya diem dan menangis..

Konselor : Aduh…benar-benar neraka ya...?


Paraphrasing
Leading

21. Klien : iya pak….saya pernah bertanya soal masa depan saya…dia bilang “terserah”!…saya minta dikuliahin…susruh minta ma ibu..tapi tiap saya ketemu sama ibu…dia marah..

Konselor : Wah ….sampai sebegitunya ya bapak…nah sekarang keinginan jikun apa… .

Paraphrasing (Menafsirkan)

Leading (Mimpin)


Diagnosa 22. Klien: Saya….tidak ingin apa apa lagi pak…saya rela melakukan apapun…menjadi wujud apapun..mati sakalipun…asal bapak dan ibu rukun kembali kayak dulu…(kembali menangis…)

Konselor : Oke..oke..bapak tahu….( terik nafas panjang diam menunggu ketenangan emosi klien)




Focusing (Musatkan/ focus)

23. Klien : Maafin saya ya pak....membebani bapak...

Konselor : bapak seneng kok , menjadi kepercayaaan Sembadra dalam hal ini….santai aja yah…

Focusing (Musatkan/ focus)
Summarizing
(Ringkas)

24.
Klien: makasih pak…..lalu kira-kira apa yang harus saya lakukan pak….?

Konselor: : Kira-kira rencana bapak dan ibu itu seberapa kuat dan sekarang sampai tingkat mana..

Klien : Yang pasti….kemarin simbah dari ibu sudah datang kerumah…saya Cuma didalam menangis…tapi kemudian saya dipanggil…sama mbah diminta memutuskan saya jadi ikut siapa..berarti kan…sudah serius pak…? Tiap malam minggu bapak tidak tidur di rumah…dan mungkin tidur di kosnya mbak itu…yang bikin kesel lagi…untuk melampiaskan kejengkelan…ibu juga sudah punya pacar juga…seorang polisi…yang duda…”

Konselor : O yaa.....’?



Problem limit (Batas Masalah)

Summarizing
(Ringkas)
Prognosis 25. Klien: iya pak…saya juga tidak habis pikir..tapi ibu kayak gitu setelah semua kondisi ini terjadi….kayak semacam balas dendam gitu pak.

Konselor: : …Oke-oke bapak ngerti….apa yang dilakukan ibumu..hal yang manusiawi meskipun itu juga tidak bisa dibenarkan…terus kalau seandainya benar-benar jadi bercerai…… rencana Sembadra.? Leading
Supporting (Terkemuka Dukung )
26. Klien: Saya tidak akan ikut siapapun…saya akan mandiri….ya cari kerja.. ngekos to pak.... dan...tidak terpengaruh oleh siapapun..kalo perlu saya akan meninggalkan kota Ini dan menghapus semua kenangan dan membuat lembaran baru dengan diri saya sendiri.

Konselor.: Hebat... hebat... bener bener smiler girl nih ........ berani begitu….” Supporting Prediction
Treatment 27. Klien: Iya Pak…ketimbang ikut salah satu dan tidak bahagia karena sama-sama dapat orang tua tiri.

Konselor:: tapi mungkinkah rencana Ortu itu digagalkan…

Reflection of feeling.
Open question

28. Klien: Kalo menurut saya pak melihat gelagat..sudah terlibatnya mbah..kayaknya tidak mungkin deh pak….soale kayaknya tinggal nunggu dealnya…

Konselor: jadi rencana Sembadra untuk pergi dan menentukan hidup sendiri kayaknya bakal jadi kenyataan dong ….




Supporting
Reflection of feeling.
Attending
29. Klien: kemungkinan gitu pak...

Konselor : Apa kamu bener-bener akan kuat hadapi hidup ini dan mampu mandiri...cukup berat lho... Acceptance

Leading
30. Klien: kuat pak...’

Konselor: bapak faham....kamu cantik dan masih muda.......bener mampu mandiri ? ...... terus mau kerja apa..?
Conclusing
Planning



31. Klien: Pak…pohon jati justru tumbuh di tempat yang tandus…bukan di rawa-rawa…saya bakal jadi orang yang kuat dan hebat..karena terkena badai ini….saya punya om di Temanggung..dia punya kebun tembakau…saya berencana mau keja di sana aja…sambil memulai semua dengan lembaran baru

Konselor : Wah...hebat itu...kamu punya prinsip dan berani mengambil dan memilih sikap dalam kehidupanmu sendiri yang relative masih muda......

Clarification
31. Klien : Iya …dong pak…

Konselor : okey ….. sepanjang menurutmu hal itu merupakan penyelesaian yang terbagus..!


Confrontation
Evaluation
Kesimpulan 32. Klien: Siiip Pak…

Konselor: Jadi rencana Orang tua kira-kira tidak bisa digagalkan lagi..?

Klien : Iya pak kayaknya saya mentok.. (terdiam..)

Konselor: Baik Allah selalu bersama hambaNya yang tabah dan tawakal…yang pasti Sembadra tidak sebaga pihak yang salah…tapi sebelum itu terjadi.....bukankah hanya Allah sang Maha Penentu,......masih punya kekuasaan...





Supporting
Confrontation
Penutup 33. Klien : Iya Pak...

Konselor : Siapa tau ada sebuah keajaiban …dan keajaiban itu datang atas doa seseorang dengan tulus.....berdo’alah dengan tulus…tahajud dan lainnya…mintalah pada Allah agar semua ii tidak terjadi.

Reassurance postdiction
Supporting
34. Klien : Ya Pak …masih ada harapan atas pertolongan Allah…

Konselor : Iya…hanya Allah tempat yang paling pas buat kita mengadu dan yang Maha Kuasa menentukan segala apapun yang terjadi di dunia… Structuring:
Time limit
35. Klien : Iya Pak Makasih..doain saya ya pak..

Konselor : Iya Bapak akan doain Sembadra..., tabah dan tetap semangat ya......???



36. Klien: Iya Pak makasih….banget Bapak mau ndengerin saya…

Konselor : Itu sudah jadi kewajiban saya kok….kita sama- sama berdoa ya..? mudah-mudahan ini akan menjadi amal kebaikan kita semua… ..... Amin

Klien: aminn....


Parung,
Konselor / Guru Pembimbing



Drs. Pandu Dewanata
NIP. 19740101 200510 1 234

LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

A. Identitas konseli :
1. Nama :
2. Kelas : IX
3. Jenis Kelamin : perempuan
4. Agama : Islam

B. Deskripsi masalah yang dialami konseli :
1. Sering tidak masuk tanpa keterangan
2. Sering tidak mengerjakan tugas –tugas dari guru, malas belajar dan sering terlambat

C. Kerangka teoritis :
Tingkah laku negatif menurut Behavior adalah tingkah laku atau kebiasaan negatif atau tingkah laku yang tidak tepat, berupa tingkah laku yang tidak sesuai dengan nilai normatif lingkungan klien

D. Diagnosis/ Hasil diagnosa :
Perilaku peserta didik yang bermasalah dari hasil pengamatan konselor disebabkan karena pengaruh kurangnya perhatian orang tua dan pengaruh teman dalam pergaulan

E. Prognosis/ Ramalan :
Konselor merumuskan langkah langkah untuk penyelesaian masalah

F. Treatmen / Konseling :
1. Konselor membuka
2. Konselor meminta konseli mengemukaakan masalah
3. Konselor meminta konseli merumuskan langkah pemecahan/ perbaikan
4. Konselor bersama konseli merumuskan hasil konseling

G. Hasil Konseling :
1. Konselor dan konseli sepakat untukmengadakan absen khusus, untuk memantau agar konseli tidak membolos dan tidak terlambat.
2. Konseli bersedia ikut belajar kelompok agar bisa mengerjakan tugas atau PR
3. Konseli akan ikut bimbingan kelompok atau mengundang guru privat agar tidak malas belajar
H. Evaluasi : Laiseg, Laijapen, Laijapang
I. Tindak Lanjut :
1. Memantau kehadiran konseli dengan absen khusus
2. Menyalurkan konseli dalam kelompok belajar agar terbantu dalam mengerjakan PR
3. Mediasi dengan orang tua untuk mengikutkan anak bimbingan belajardi sebuah lembaga
4. Menjalin komunikasi lewat telpon dengan orang tua untuk memonitor kegiatan belajar anak.

Parung,
Guru Pembimbing,








PERANGKAT PENDUKUNG
STUDI KASUS


1. Buku Laporan Pendidikan ( disimpan Wali Kelas )
2. Kartu Pribadi Peserta Didik ( terlampir )
3. Surat Pemberitahuan Kunjungan Rumah ( terlampir )
4. Format Balasan Orang Tua / Wali ( terlampir )
5. Surat Tugas Kunjungan Rumah ( terlampir )
6. Pedoman Wawancara ( terlampir )
7. Laporan Hasil Kunjungan Rumah ( terlampir )
8. Format Penilaian ( terlampir )































KARTU PRIBADI PESERTA DIDIK



I. Data Pribadi
1. Nama :
2. Tempat & Tgl. Lahir :
3. Alamat :
4. Agama :
5. Bahasa Sehari-hari :
6. Hobby :
7. Mata Pelajaran yang digemari :
8. Mata Pelajaran yang dirasa sulit :
9. Cita-cita :
a. Setelah keluar dari SMP :
b. Pekerjaan/ Profesi :
10. Kegiatan di luar sekolah : a. …………………………………………….
b. …………………………………………….
c. …………………………………………….
11. Tempat Belajar di rumah sendiri diruang makan
di rumah kawan di ruang tamu
di kamar tidur ……………...........
12. Waktu Belajar a. Pagi hari dari jam : ……….s/d……...
b. Sore hari dari jam : ……….s/d………
c. Waktu lain dari jam : ……….s/d………
13. Belajar sendiri ke privat/ klasikal
bersama teman ……………………
14. Jarak rumah ke sekolah ……………………………………….km
15. Berangkat / pulang sekolah : Berjalan kaki/ sepeda/ sepeda motor/
kendaraan umum
Uang Saku sehari –hari : Rp. -


II. Susunan saudara kandung/ tiri termasuk peserta didik yang bersangkutan:

No NAMA Tempat dan tanggal lahir Bekerja di Sekolah/
Kelas KET.
1.
2.
3.
4.
5.
6.

III. Data orang tua/ wali

No URAIAN Ayah
(kandung / tiri) Ibu
(kandung/ tiri) Wali
1. Nama
2. Tempat/ Tgl. Lahir
3. Agama
4. Pendidikan Terakhir
5. Alamat Rumah
6. No. Telp yg bisa dihubungi
7. Pekerjaan
8. Penghasilan sebulan
9. Tanda tangan
10. Hubungan orang tua dengan wali


IV. Riwayat Pendidikan

No URAIAN TK SD SMP
1. Nama Sekolah
2. Masuk Tahun
3. Tidak naik/ lulus
4. Lulus Tahun
5. Prestasi yang pernah dicapai




V. Riwayat Kesehatan

No URAIAN Kelas Th. / Kelas Th. / Kelas Th /
1. Berat Badan
2. Tinggi Badan
3. Ukuran kacamata
4. Penyakit yang pernah
diderita

5. Golongan Darah : Kelainan Jasmani :


VI. Hasil Belajar

1. Tahun Pelajaran
2. Kelas
3. Semester
4. Jumlah nilai rapor
5. Rata-rata nilai rapor
6. Ranking
7. Jumlah peserta didik pararel


VII. Lain-lain (peristiwa yang menghambat/ mempercepat perkembangan/ prestasi belajar)















Data Beas peserta didik

Jenis Beapeserta didik Kelas ……. Kelas ……. Kelas ……. Kelas …….
Semester Semester Semester Semester
I II I II I II I II






VIII. Problematika dan Harapan

Problematika yang dialami peserta didik Harapan Masa Depan
Harapan studi Harapan pekerjaan Hambatan





CATATAN :











Mengetahui
Orang Tua / Wali




Tanda Tangan dan Nama Terang Parung, ……………………………





Tanda Tangan dan Nama Terang



SURAT PEMBERITAHUAN KUNJUNGAN RUMAH


KOP SEKOLAH


Nomor : Parung, 29 Oktober 2009
Lamp : ---
Hal : Kunjungan Rumah


Yth. Sdr. Burisrawa
di
Parung


Dengan ini kami menugaskan:

1. Drs. Pandu Dewanata
2. Dra. Srikandi

selaku Koordinator Staf Bimbingan dan Konseling SMP 234 Parung untuk mengadakan kunjungan ke rumah Saudara pada:

Hari, tanggal : Selasa, 3 Nopember 2009
Jam : 15.30 wib

Dalam rangka usaha kami di bidang bimbingan dan konseling guna membicarakan masalah putra / putri Saudara:

Nama : Aswatama
Kelas : IX E
Nomor Induk : 5473

Kami harap Saudara bersedia menerima kunjungan para konselor kami tersebut di atas dengan mengirimkan kembali surat yang kami lampirkan ini.
Atas kesediaan Saudara, diucapkan terima kasih.



Kepala Sekolah,



Drs. Narada, M.Pd.
NIP. 19601102 198803 1 007


FORMAT SURAT BALASAN ORANG TUA / WALI



Parung, ……………………….

Kepada:
Yth. Sdr. Kepala Sekolah
SMP 234 Parung
di
Parung


Disampaikan dengan hormat, bahwa kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ……………………………..
Alamat : ……………………………..

Adalah orang tua/wali dari peserta didik:

Nama : …………………………….
Kelas : …………………………….
No. Induk : …………………………….

Dengan ini menyatakan kesediaan kami untuk menerima kunjungan Sdr. …………………………. dan Sdr. ………………………. ke rumah kami pada:

Hari : ……………………………..
Tanggal : ……………………………..
Jam : ……………………………..

Untuk membicarakan masalah yang dihadapi oleh putra/putri kami tersebut di atas, sesuai dengan surat Sdr. tanggal ………………………………. Nomor ……………………………..

Demikian agar Saudara memakluminya.


Hormat kami,
Orang tua/wali peserta didik,



…………………………….





SURAT TUGAS KUNJUNGAN RUMAH

KOP SEKOLAH


: Parung, 29 Oktober 2009
SURAT TUGAS
No. 234 / 76



Yth. Sdr. Burisrawa
di
Parung


Dengan ini kami menugaskan:

1. Drs. Pandu Dewanata
2. Dra. Srikandi

selaku Koordinator Staf Bimbingan dan Konseling SMP 234 Parung untuk mengadakan kunjungan ke rumah Saudara pada:

Hari, tanggal : Selasa, 3 Nopember 2009
Jam : 15.30 wib

Dalam rangka usaha kami di bidang bimbingan dan konseling guna membicarakan masalah putra / putri Saudara:

Nama : Aswatama
Kelas : IX E
Nomor Induk : 5473

Kami harap Saudara bersedia menerima kunjungan para konselor kami tersebut di atas dengan mengirimkan kembali surat yang kami lampirkan ini.
Atas kesediaan Saudara, diucapkan terima kasih.



Kepala Sekolah,



Drs. Narada, M.Pd.
NIP. 19601102 198803 1 007

PEDOMAN WAWANCARA

Wawancara ke : ……………
Tujuan : Memperoleh informasi tentang gejala gejala KES-T Klien
Responden :
Nama peserta didik :
Tanggal wawancara :
Tempat wawancara :




No. Pertanyaan Jawaban

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Kesimpulan/catatan:





Parung, …………………….
Interviewer,


……………………………
tanda tangan dan nama terang

LAPORAN KUNJUNGAN RUMAH


I. Identitas :
1. Nama murid
2. Kelas
3. Nama orang tua/wali
4. Pekerjaan orang tua/wali
5. Alamat rumah :
:
:
:
: ………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..

II. Tujuan kunjungan rumah : Memperoleh informasi tentang gejala gejala KES - T Klien

III. Waktu kunjungan : Hari …………… Tanggal …………..
Jam ……………. Sampai ……………

IV. Hasil Kunjungan : ………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..

V. Kesimpulan : ………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Drs. Narada, M.Pd.
NIP. 19601102 198803 1 007 Parung,
Konselor / Guru Pembimbing



Drs. Pandu Dewanata
NIP. 19740101 200510 1 234



PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

LAISEG


Hari, Tanggal Layanan : ........................................................
Jenis Layanan : .............................Perorangan / Kelompok *)
Pemberi Layanan : ..............................


Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1. Topik-topik apakah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? .....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................

2. Hal-hal atau pemahaman baru apakah yang Anda peroleh dari layanan tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Bagaimanakah perasaan Anda setelah mengikuti layanan tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Hal-hal apakah yang akan Anda lakukan setelah mengikuti layanan tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apakah layanan yang Anda ikuti berkaitan langsung dengan masalah yang Anda alami?
a. Apabila ya, keuntungan apa yang Anda peroleh? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Apabila tidak, keuntungan apa yang Anda peroleh? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................

................, ............................




....................................
*) Coret salah satu

PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

LAIJAPEN


Hari, Tanggal Layanan : ....................................................
Jenis Layanan : ............................. Perorangan / Kelompok *)
Pemberi Layanan : ...................................................

Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1. Apa masalah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? ....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
2. Bagaimanakah kondisi masalah tersebut sekarang?
a. Hal-hal apa yang telah Anda lakukan secara nyata untuk mengatasi masalah tersebut? ..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
b. Perbaikan apasajakah yang telah terjadi?
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
c. Bagaimanakah Anda menyikapi masalah tersebut sekarang?
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Berdasarkan gambaran no. 3, berapa persen masalah yang Anda alami tersebut yang telah terentaskan/ teratasi sampai sekarang?
a. 95 % - 100 %
b. 75 % - 94 %
c. 50 % - 74 % d. 30 % - 49 %
e. 10 % - 29 %
f. Kurang dari 10 % g. Semakin berat
h. ..........................
4. Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

.................., ............................




....................................
*) Coret salah satu

PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

LAIJAPANG

Hari, Tanggal Layanan : ....................................................
Jenis Layanan : ............................. Perorangan / Kelompok *)
Pemberi Layanan : ...................................................

Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1. Apa masalah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? ....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
2. Bagaimanakah pengaruh masalah Anda tersebut terhadap kehidupan Anda sekarang?
a. Masih adakah pengaruh negatif yang diakibatkan oleh masalah tersebut? ..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
b. Bagaimanakah kondisi Anda sekarang dengan telah ditanganinya masalah Anda tersebut?
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
c. Bagaimanakah Anda menyikapi masalah tersebut (kalau belum terentaskan) atau kemungkinan timbulnya kembali masalah tersebut di masa yang akan datang?
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Berdasarkan gambaran no. 3, berapa persen masalah yang Anda alami tersebut yang telah terentaskan/ teratasi sampai sekarang?
d. 95 % - 100 %
e. 75 % - 94 %
f. 50 % - 74 % g. 30 % - 49 %
h. 10 % - 29 %
i. Kurang dari 10 % j. Semakin berat
k. ..........................
4. Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? .................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................., ..........




....................................
*) Coret salah satu

0 komentar:

Posting Komentar