Selasa, 15 Maret 2011

PERANCANGAN LAYANAN INFORMASI BERBASIS WEB PADA PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING DISEKOLAH

ABSTRAK
Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology) saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dapat proses pendidikan. Keterbatasan ruang dan waktu tidak menjadi halangan untuk menjalakan proses pendidikan. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan telah memberikan dampak positif khususnya untuk pemerataan pendidikan. Setiap sekolah dapat memiliki referensi-referensi buku yang berstandar dan bermutu hanya dengan menekan tombol. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari sekolah yang berperan penting dalam menangani permasalahan setiap siswa, yang terkait dengan kehidupan sosial, pribadi, karir dan belajar, secara konsep memiliki program Layanan Informasi. Layanan informasi ini akan menyajikan berbagai informasi tentang sekolah yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan studinya. Layanan informasi sekolah berbasis web yang dikelola oleh Guru Bimbingan Konseling disekolah akan sangat bermanfaat bagi siswa untuk memperoleh informasi yang dapat menunjang keberhasilan studinya. Layanan informasi ini memungkinkan adanya interaktifitas antara siswa dengan Guru Bimbingan Konseling untuk konsultasi, penyampaian ide, regristrasi online untuk alumni sekolah dan lain-lain. Layanan informasi sekolah yang baik bisa menjadi sebuah media pencitraan terhadap kualitas sekolah dan personal yang berada didalamnya kepada masyarakat.
Kata kunci: Sekolah, Web, Layanan Informasi, Bimbingan Konseling.

1. PENDAHULUAN
Pada penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Guru Bimbingan Konseling / Konselor di sekolah memberikan pelayanan berkaitan Pengembangan Diri, sesuai minat dan bakat serta mempertimbangkan tahapan tugas perkembangan peserta didik dalam lingkup usia Sekolah Menengah Atas (SMA), mengingat adanya keberagaman individu (individual deferencies). Guru Bimbingan Konseling / Konselor bersama Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran menjadi pendamping dalam setiap proses pembelajaran. Hal itu dimaksudkan untuk membantu peserta didik agar mampu menuntaskan seluruh mata pelajaran seoptimal mungkin sesuai dengan potensi kemampuan akademik, bakat dan minatnya, sehingga hambatan dan kemungkinan kegagalan sudah dapat diprediksi, diketahui dan dibimbing sejak dini. Selain itu, untuk membimbing peserta didik dalam menentukan pilihannya secara mandiri dan mampu mengambil keputusan. Bimbingan dan Konseling dilaksanakan melalui berbagai layanan, dengan mempertimbangkan kehidupan pribadi, kehidupan sosial dan perkembangan kehidupan pembelajaran serta perencanaan karir. Bentuk pelayanan bagi peserta didik dapat dikembangkan dengan menggunakan berbagai cara dan variasi sesuai kebutuhan sekolah, kekhasan atau karakteristik potensi daerah. Pada era teknologi yang semakin maju muncul pemikiran untuk memanfaatkan teknologi sebagai media yang dapat membantu pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling disekolah. Secara konsep Bimbingan dan Konseling memiliki empat komponen layanan salah satunya adalah Layanan Perencanaan Individual. Tujuan layanan perencanaan individual ini dirumuskan sebagai upaya memfasilitasi siswa untuk membuat, memonitor, dan mengelola rencana pendidikan, karir, dan pengembangan sosial-pribadi oleh dirinya sendiri. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan sebuah media layanan informasi yang fleksibel dan dapat diakses oleh siswa kapan saja dan dimana saja. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat sebuah website Layanan Informasi Sekolah. Dengan memperhatikan keterbatasan sumber daya yang dimiliki maka website Layanan Informasi Sekolah yang dikelola oleh guru pembimbing setidaknya memiliki empat syarat :
1. Easy to use
2. Easy to manage
3. Simple
4. Dynamic
Hal tersebut diatas dapat direalisasikan dengan menggunakan (CMS) Content Management System. CMS secara umum dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang memberikan kemudahan pada para pengunanya dalam mengelola dan melakukan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Salah satu CMS yang dapat digunakan adalah AuraCMS dengan lisensi GPL (General Public License), open source/bebas dimodifikasi, asli buatan komunitas Indonesia, mudah dan murah serta berbahasa Indonesia. AuraCMS merupakan sekumpulan scrip PHP yang membentuk sebuah web portal dinamis dengan database MySQL.
AuraCMS memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan CMS yang lain dan lebih mudah dipelajari oleh awam. Layanan Informasi Sekolah yang dibangun dengan menggunakan AuraCMS akan bersifat dinamis, mudah digunakan, simple dan mudah dikelola serta memiliki ukuran file yang kecil. AuraCMS dapat online dalam waktu 1 jam pada server gratis yang banyak ditawarkan di internet. Dengan demikian AuraCMS direkomendasikan sebagai salah satu Content Management System yang dapat digunakan sebagai Media Layanan Informasi pada Bimbingan dan Konseling disekolah.

2. METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kegiatan berupa modifikasi, try and error. Content Management System dipelajari kemudian dimodifikasi dan di uji cobakan pada local server dan server online di internet secara berulang kali. Semua kegiatan uji coba bersifat try and error dengan pengertian bila hasilnya percobaan gagal/rusak ditinggalkan dan membuat yang baru lagi kemudian diujicobakan kembali.

3. HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Layanan Informasi Sekolah
Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari sekolah yang membantu siswa mengatasi segala permasalahan yang dihadapi dalam proses studi untuk mencapai perkembangan yang optimal. Segala upaya dapat dilakukan untuk menjalin hubungan emosi antara guru pembimbing dengan siswa. Upaya ini dilakukan dengan merealisasikan program layanan yang sudah terkonsep sebagai empat komponen layanan pada bimbingan dan konseling. Salah satunya dari empat komponen layanan tersebut adalah Layanan Perencanaan Individual. Tujuan layanan perencanaan individual ini dapat juga dirumuskan sebagai upaya memfasilitasi siswa untuk membuat, memonitor, dan mengelola rencana pendidikan, karir, dan pengembangan sosial-pribadi oleh dirinya sendiri. Isi atau materi perencanaan individual adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan siswa untuk memahami secara khusus tentang perkembangan dirinya sendiri. Dengan demikian meskipun perencanaan individual ditujukan untuk memandu seluruh siswa, layanan yang diberikan lebih bersifat individual karena didasarkan atas perencanaan, tujuan dan keputusan yang ditentukan oleh masing-masing siswa. Melalui layanan perencanaan individual, diharapkan siswa dapat :
1. Mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan lanjutan, merencanakan karir, dan mengembangkan kemampuan sosial-pribadi, yang didasarkan atas pengetahuan akan dirinya, informasi tentang sekolah, dunia kerja, dan masyarakatnya.
2. Menganalisis kekuatan dan kelemahan dirinya dalam rangka pencapaian tujuannya.
3. Mengukur tingkat pencapaian tujuan dirinya.
4. Mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan dirinya.

Sebagain dari tujuan layanan tersebut diatas cenderung bersifat informatif, maka perlu dibangun sebuah Layanan Informasi berbasis web yang dinamis dengan content yang menarik dan mudah dimanagement, yakni dengan menggunakan Content Management System. Content Management System yang dimaksud adalah AuraCMS. Layanan Informasi Sekolah yang dibangun dengan menggunakan AuraCMS dapat dilakukan dengan mudah, bahkan dapat dilakukan oleh user/pengguna yang belum memahami bahasa pemrograman seperti PHP atau java yang biasa digunakan untuk membuat sebuah website. AuraCMS yang digunakan untuk membangun Layanan Informasi Sekolah merupakan CMS yang dibuat oleh orang Indonesia dan berbahasa Indonesia yang bersifat open source dengan lisensi General Public License. AuraCMS memiliki ukuran file yang kecil dan mudah untuk dikonfigurasikan msecara manual pada local sever atau server-server gratis yang ada di internet sehingga lebih bernilai ekonomis. Dengan segala kemudahannya maka Layanan Informasi Sekolah yang dibangun dapat dikelola oleh guru pembimbing tanpa harus membayar tenaga ahli.

B. Keuntungan dari Fasilitas AuraCMS
Beberapa keuntungan dari modul atau fasilitas AuraCMS yang dapat dimanfaatkan sebagai media Layanan Informasi pada Bimbingan dan Konseling disekolah adalah :
1. Fasilitas Send Artikel yang dapat digunakan sebagai media surat elektronik yang bersifat rahasia dari siswa kepada guru pembimbing.
2. Fasilitas Download yang siswa dapat mendownload informasi atau file tugas dari guru pembimbing.
3. Fasilitas pesan singkat sebagai media penyampaian pesan singkat yang dapat dibaca oleh setiap orang.
4. Fasilitas Polling sederhana setiap pengunjung dapat memberikan jawaban dari pertanyaan/pernyataan yang tertulis pada modul polling.
5. Fasilitas Registrasi Online untuk alumni sekolah.

C. Proses Perancangan Local Server
Siapkan software pendukung point 1, 2, dan 3
1. Software Server XAMPP dapat didownload di (http://www.apachefriends.org).
2. Web Browser dapat menggunakan Internet Explorer atau Mozila Firefox.
3. File AuraCMS dapat didownload di (http://www.auracms.org)
4. Instal server pada PC yang akan digunakan sebagai computer server.
5. Setelah proses install selesai aktifkan apache dan MySQL
6. Kemudian buat folder dengan nama Sekolah atau nama lain pada alamat C://xampp/htdocs dan ekstrak file AuraCMS kedalam folder tersebut.
7. Buka Browser tulis alamat sebagai berikut (http://localhost/phpmyadmin) maka akan muncul tampilan phpmyadmin.
8. Buat database dengan nama (sekolah) klik create/ciptakan
9. Setelah itu upload file SQL yang berada pada C://xampp/htdocs/sekolah
10. Setelah database tercipta dan file SQL sukses diupload konfigurasikan nama database pada file C://xampp/htdocs/sekolah/includes/config.php disesuaikan dengan nama database yang telah dibuat pada point 8.
11. Buka browser dan ketikan alamat C://localhost/sekolah maka tampilan web portal AuraCMS akan muncul.
12. Website pada local server sudah jadi Selamat Berjuang

D. Proses Perancangan Server Online

1. Buat subdomain gratis di (http://www.freewebhosting.com) misal http://sekolah.coolpage.biz.
2. Biasanya nama data base dan username sama dan otomatis telah dibuatkan oleh penyedia server, nama database dan username berupa beberapa digit angka misal 12345.
3. Konfigurasikan nama database yang telah anda terima pada file config.php yang ada pada file AuraCMS.
4. File AuraCMS dibuat menjadi file ZIP kemudia upload file melalui http://www.net3ftp.com.
5. Setelah proses upload selesai buka browser baru dan ketikan alamat subdomain yang telah anda buat tadi.
6. Layanan Informasi Sekolah online telah terbit proses ini tidak memakan waktu lama kurang lebih satu jam dan gratis.











E. Tampilan Layanan Informasi Bimbingan Konseling Sekolah pada Local Server
Gambar 1. Tampilan pada Halaman Depan

















Gambar 1. Tampilan pada Halaman Depan



















Gambar 2. Tampilan pada Halaman Registrasi Alumni




Gambar 3. Tampilan pada Halaman Sistem Informasi Geografis Lokasi Sekolah



















Gambar 4. Tampilan pada Halaman Galery Foto






















Gambar 5. Tampilan pada Halaman Buku Tamu sebagai fasilitas konsultasi


















Gambar 6. Tampilan pada Halaman Artikel sebagai fasilitas News






















Gambar 7. Tampilan pada Halaman Download sebagai fasilitas Penugasan




4. KESIMPULAN
Layanan informasi sekolah ini dapat digunakan sebagai media Layanan Informasi pada kegiatan Bimbingan dan Konseling disekolah untuk meningkatkan interaktivitas antara guru pembimbing dengan siswa. Layanan informasi ini juga dapat digunakan sebagai support information yang dapat membantu siswa dalam pengembangan potensi dirinya baik secara pribadi, social, belajar dan karir.

UCAPAN TERIMA KASIH
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmat kesehatan dan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah dengan judul “Perancangan Layanan Informasi Berbasis Web Pada Program Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Disekolah“ sebagai salah satu wujud bakti penulis untuk kemajuan Profesi Konselor dan Bimbingan Konseling di Universitas Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:
a) Bapak Prof. Dr. Sudjarwo, M.S., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung;
b) Bapak Drs. Danial Achmad, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung;
c) Bapak Drs. Muswardi Rosra, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Bimbingan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung;
d) Bapak Drs. Giyono, M.Pd., selaku Pembimbing atas kesediaannya untuk memberikan bimbingan, saran, dan kritik yang membangun dalam proses penyelesaian makalah ini;
e) Rekan-rekan Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Lampung atas motivasi yang telah diberikan.
f) Rekan-rekan AssalamNET atas bantuan dan partisipasi yang telah diberikan.

0 komentar:

Posting Komentar